Detail Artikel

SATGAS PPKS ULM RAIH JUARA 1 DALAM KOMPETISI INOVASI KOTA BANJARMASIN KATEGORI AKADEMISI

28 November 2023

Ada sekitar 64 pendaftar yang berkompetisi pada ajang KonVas Banjarmasin 2023 dan SATGAS PPKS ULM adalah salah satunya. Diketuai oleh Dosen Fakultas Hukum sekaligus ketua SATGAS PPKS ULM Lena Hanifah LL.M, P.Hd bersama dengan Dokter sekaligus dosen fakultas Kedokteran Dokter Pandji Winata Nur Ikhwan dan Mahasiswa fakultas Hukum Noor Hafizah berhasil keluar sebagai juara 1 untuk kategori akademisi.

Dengan semangat waja sampai kaputing yang menjadi semangat satgas ppks ulm dalam melakukan aksi pencegahan dan pengananan kekerasan seksual di  perguruan tinggi. Guna mempermudah sistem pelayanan dan pelaporan kekerasan seksual di perguruan tingga Satgas PPKS ULM membuat sistem pelaporan terpadu yang terintegrasi dengan SIMARI ULM. Sistem pelaporan yang dapat berjalan 24  jam, berorientasi pada kepentingan terbaik bagi korban, perlindungan saksi, dan penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui sistem ini sejak diluncurkan secara resmi pada tanggal 6 juni 2023 satgas ppks telah menerima lebih dari 40 aduan dan menyelesaikannya hingga tahap pemulihan dengan sebagian kasus masih berjalan dan di proses dalam penanganan. Setelah melakukan pelaporan, pelapor akan mendaoatkan kode OTP yang nanti dapat digunakan untuk melakukan tracking aduan, sehingga pelapor dapat memantau sejauh mana perkembangan dan penanganan kasus kekerasan seksual yang telah dilaporkan. Selain sebagai media pelaporan laman ini juga menyediakan informasi lain yang terkait dengan pencegahan dan kekerasan seksual.

Harapan kedepannya inovasi ini dapat menginpirasi lahirnya inovasi-inovasi lainnya yang dapat meningkatkan percepatan dan kualitas pelayanan publik yang lebih luas jangkauan dan manfaatnya.